Saturday, December 24, 2005

Bandung Raya Bentuk Korporat untuk Kelola Sampah

Rabu, 16 Pebruari 2005 | 20:00 WIB

TEMPO Interaktif, Bandung:Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumpulkan para pemimpin pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya untuk membahas pengelolaan sampah secara terpadu.

Sebuah korporat gabungan dari lima pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Administratif Cimahi, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sumedang rencananya akan dibentuk untuk mengelola sampah secara terpadu.

"Harus ada komitmen bersama untuk menyelesaikan masalah sampah secara integral di bawah fasilitator Gubernur," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Nu'man Abdul Hakim kemarin di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Nu'man, selama ini sampah dikumpulkan, ditampung, lalu dibuang di satu tempat, seperti tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwigajah di Kabupaten Bandung, TPA Cijeruk di Sumedang, serta TPA Pasir Impun, Kota Bandung. Selain menghabiskan lahan, cara itu juga mencemari lingkungan.

Nu'man mengambarkan, seluruh sampah dari lima wilayah di Bandung Raya, jika dikumpulkan mencapai jumlah 4,5 juta ton kubik per hari. Cara ini jua akan menghabiskan 100 hektare tanah dalam waktu 25 tahun.

Nu'man berharap, pengelolaan sampah ke depan bisa terpadu dengan menggunakan teknologi yang bagus, tidak mencemari lingkungan, dan tidak menghabiskan lahan. "Tahapan akhirnya menuju incenarator dengan tekonologi tinggi," katanya.

Ahmad Fikri

0 Comments:

Post a Comment

<< Home