Wednesday, December 14, 2005

MiQro DEGRA: Pengurai Limbah Organik

Jumat, 21 Februari 2003

Septic-tank merupakan tempat penampungan bahan-bahan padat kotoran manusia (tinja). Tempat penampungan ini akan cepat penuh bila di dalamnya tidak terjadi proses penguraian oleh bakteri pengurai. Percepatan penumpukan tinja sendiri tergolong cepat dibanding bakteri pengurai yang berasal dari luar.

Apabila laju pertambahan bakteri pengurai ini sebanding dengan keberadaan limbah kotoran tadi maka dapat dipastikan keseimbangan akan terjadi dalam septic-tank. Dengan begitu, ongkos penyedotan septic-tank atau pengurasannya pada dasarnya tak mungkin keluar karena keberadaan bakteri pengurai itu sudah sangat membantu dalam proses penguraian limbah.

Kenyataannya, tidak semua septic-tank digarap serius untuk memudahkan proses penguraian limbah kotoran tersebut; yang oleh bakteri pengurai dijadikan air (H2O) dan gas (CO2). Akibatnya, biaya pun harus dikeluarkan hanya untuk melakukan penyedotan atau pengurasan septic-tank.

Lain lagi halnya bila ternyata septic-tank itu berdekatan dengan sumur. Apabila jarak minimum sumber air dengan septic-tank tidak terpenuhi (10 m), dapat dipastikan sumur memungkinkan menjadi sumber penyakit seperti disentri, kolera, dan tipus. Walhasil, sumber air ini kemudian menjadi tak layak pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Selain karena terasa hambar, air menjadi bau, berwarna dan mengandung bakteri patogen.

Bakteri patogen inilah yang menyebabkan racun. Meski bakteri ini turut membantu melakukan penguraian limbah, namun dapat disebut bakteri ini cenderung merugikan dibanding bakteri pengurai limbah. Kalau bakteri pengurai bersifat tidak beracun, bakteri ini tergolong aman dan menguntungkan. Bahkan bakteri ini pun tergolong membantu proses pembuatan kecap, alkohol, susu, dan yoghurt.

Lalu, apa hubungannya dengan MiQro DEGRA? MiQro DEGRA adalah mikroba (makhluk hidup kecil) pengurai limbah organik untuk perawatan WC atau septic-tank tanpa penyedotan. MiQro DEGRA sendiri mengandung sejumlah bakteri pengurai, di antaranya: Lactobacilus, Sacharomyces, Acetobakter, dan Bacilus. Keberadaan mikroba-mikroba inilah yang memungkinkan proses percepatan pemulihan septic-tank terjadi sehingga penumpukan limbah bisa diminimalisasi.

Kini, dalam bentuk produk, MiQro DEGRA mempunyai sejumlah manfaat. Seperti, mampu menguraikan limbah organik, mengatasi dan mencegah WC atau septic-tank penuh tanpa disedot. Menghilangkan bau. Turut menjaga kualitas air sumur yang jaraknya dekat dengan WC atau septic-tank. Membunuh kuman (disentri, kolera, tipus). Serta mengatasi penyumbatan saluran akibat penumpukan limbah.

Adapun kelebihan MiQro DEGRA ini ialah mampu hingga 80 persen mempercepat proses penguraian limbah sekaligus membunuh atau mengendalikan keberadaan bakteri-bakteri patogen yang menjadi sumber penyebab disentri, kolera dan tipus. Dengan begitu, MiQro DEGRA cocok digunakan untuk rumah sakit, hotel, restoran, peternakan, pabrik, dinas kebersihan, pengolahan limbah dan lain-lain.

MiQro DEGRA dibuat oleh PT RSDH dengan memberikan kepercayaan distribusinya pada PT MQ Consumer Goods. MiQro DEGRA sendiri merupakan hasil riset dari Laboratorium PPAU IH - ITB No 0409/A/102/2000, dengan izin produksi 001/KMHaKI-ITB/SPKLE/II/00.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk dan keagenan dapat menghubungi nomor telepon/faks (022) 2010758. mns/mqp
( )

0 Comments:

Post a Comment

<< Home